Page Title

𝐀𝐧𝐝𝐚 𝐩𝐞𝐫𝐥𝐮 𝐦𝐞𝐧𝐲𝐞𝐥𝐚𝐫𝐚𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐝𝐮𝐝𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐄𝐐 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥𝐮𝐦 𝐦𝐞𝐧𝐠𝐠𝐮𝐧𝐚𝐤𝐚𝐧𝐧𝐲𝐚!

Teleskop EQ tanpa penyelarasan yang benar tidak akan berfungsi dengan baik. Beberapa channel YouTube Indonesia memberikan informasi yang kurang tepat. Anda tidak bisa begitu saja menyejajarkan teleskop EQ dengan mengarahkannya ke kutub langit selatan, karena ini adalah cara yang paling tidak akurat untuk menyelaraskan EQ mount. Untuk menyelaraskan EQ mount dengan benar, terutama bila Anda ingin menggunakan penggerak motor, Anda harus menyelaraskan EQ mount dengan 𝐛𝐢𝐧𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐏𝐨𝐥𝐚𝐫𝐢𝐬, 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐭𝐞𝐫𝐥𝐢𝐡𝐚𝐭 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚 𝐝𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐢 𝐛𝐚𝐰𝐚𝐡 𝐜𝐚𝐤𝐫𝐚𝐰𝐚𝐥𝐚. (𝘚𝘭𝘪𝘥𝘦 𝟸) Nama bintang Polaris di langit bagian Selatan adalah 𝐒𝐢𝐠𝐦𝐚 𝐎𝐜𝐭𝐚𝐧𝐭𝐢𝐬, 𝐲𝐚𝐢𝐭𝐮 𝐛𝐢𝐧𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐫𝐞𝐝𝐮𝐩 𝐝𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐚𝐝𝐚 𝐝𝐢 𝐚𝐫𝐞𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐝𝐞𝐤𝐚𝐭 𝐝𝐞𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐡𝐨𝐫𝐢𝐳𝐨𝐧, pemula akan kesulitan untuk menemukan dan menyelaraskan teleskop tipe EQ menggunakan bintang ini. (𝘚𝘭𝘪𝘥𝘦 𝟹) Jadi tanpa penyelarasan yang tepat dari tipe EQ, Motor Drive akan menjadi sama sekali tidak berguna, karena benda-benda langit akan bergerak / berpindah setelah beberapa detik jika dilihat melalui teleskop.

𝐓𝐢𝐩𝐞 𝐄𝐐 𝐣𝐮𝐠𝐚 𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐫𝐮𝐦𝐢𝐭 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐩𝐞𝐦𝐚𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐠𝐨𝐩𝐞𝐫𝐚𝐬𝐢𝐚𝐧 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐩𝐞𝐦𝐮𝐥𝐚 𝐤𝐚𝐫𝐞𝐧𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐢𝐥𝐢𝐤𝐢 𝐛𝐚𝐧𝐲𝐚𝐤 𝐛𝐚𝐠𝐢𝐚𝐧 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐠𝐞𝐫𝐚𝐤. Anda harus menyeimbangkan berat teleskop dengan menggunakan penyeimbangnya yang pada umumnya membuat teleskop jauh lebih berat dan lebih sulit untuk dibawa-bawa. Ini seperti Anda membawa "GYM dumbbell" dengan teleskop Anda! Begitu juga pada saat Anda selesai menyelaraskan EQ mount kaki atau tangan Anda secara tidak sengaja mengenai tripod dan menggesernya bahkan untuk 1 CM, seluruh keselarasan EQ mount hilang dan harus disejajarkan Kembali dari awal.

Secara umum, teleskop tipe EQ kelas entry-level seperti Celestron PowerSeeker 70EQ, PowerSeeker 114EQ, PowerSeeker 127EQ, Celestron AstroMaster 114EQ, AstroMaster 130EQ, dan teleskop yang berakhir dengan nama EQ dengan harga di bawah Rp 15 juta 𝐓𝐈𝐃𝐀𝐊 𝐃𝐈𝐑𝐀𝐍𝐂𝐀𝐍𝐆 𝐝𝐚𝐧 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐝𝐢𝐫𝐞𝐤𝐨𝐦𝐞𝐧𝐝𝐚𝐬𝐢𝐤𝐚𝐧 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐚𝐫𝐞𝐚 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚. (𝘚𝘭𝘪𝘥𝘦 𝟺) Pengamat lebih mengalami kesulitan daripada menikmati pengamatan Langit malam.

Jika Anda menginginkan teleskop tipe EQ yang dapat digunakan di Indonesia, Anda harus menyiapkan budget lebih dari Rp 45 juta hanya untuk EQ mount saja. Lainnya Anda harus membeli Tabung Teleskop, Guide Scope, Guide Camera, Camera, Power Bank dan Software untuk polar alignment dan auto guiding, yang secara finansial tidak diperlukan untuk pemula sama sekali. (𝘚𝘭𝘪𝘥𝘦 𝟻) Ini adalah peralatan untuk Astrofotografer profesional dengan pengalaman bertahun-tahun!

𝐔𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐩𝐞𝐦𝐮𝐥𝐚 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐚𝐬𝐭𝐫𝐨𝐧𝐨𝐦𝐢, 𝐭𝐞𝐥𝐞𝐬𝐤𝐨𝐩 𝐭𝐢𝐩𝐞 𝐀𝐙 𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐭 𝐝𝐢𝐫𝐞𝐤𝐨𝐦𝐞𝐧𝐝𝐚𝐬𝐢𝐤𝐚𝐧! Tipe ini dapat diatur dalam waktu satu menit tanpa perlu penyelarasan. 𝐏𝐥𝐮𝐠 𝐚𝐧𝐝 𝐩𝐥𝐚𝐲! Teleskop dapat dipindahkan ke segala arah objek langit yang Anda inginkan, tidak seperti tipe EQ yang memerlukan penyelarasan dan keseimbangan terlebih dahulu. (𝘚𝘭𝘪𝘥𝘦 𝟼) Anda dapat menggerakkan teleskop tipe AZ dengan cepat atau dengan memutar kenop gerak lambatnya untuk menggerakkan teleskop secara perlahan. Dengan tipe AZ Anda juga dapat melakukan astrofotografi yang bagus, yang dalam beberapa contoh gambar hasilnya jauh lebih baik daripada teleskop tipe EQ entry level! (𝘚𝘭𝘪𝘥𝘦 𝟽 - 𝟷𝟶)

Button